Minggu, 01 Desember 2013

Skripsi: Job Insecurity (ketidakamanan kerja)

Kali ini saya akan memberikan salah satu variabel yang saya teliti dalam tugas akhir saya (re:skripsi). Pada saat mencari judul mengenai penelitian apa yang akan saya lakukan, saya sangat tertarik sekali dengan buruh, entah mengapa saya tertarik tetapi yang pasti saya bercita-cita menjadi seorang manager HR yang berpihak pada buruh / pekerja jadi saya mulai melakukan studi literatur sehingga tercetuslah untuk meneliti mengenai job insecurity. Selanjutnya saya mencari buku-buku dan jurnal mengenai job insecurity atau ketidakamanan kerja. Ternyata cukup sulit menemukan buku di perpustakaan bahkan e-book mengenai job insecurity pun sulit ditemukan, akhirnya saya memutuskan untuk merubah variabel terikat atau dependent variable (DV) yang akan saya teliti.

Dan akhirnya pilihan saya jatuh kepada komitmen organisasi. Kebetulan untuk variabel ini tidak ada kesulitan mencari referensi bahkan saya menemukan jurnal yang bisa dibilang jurnal utama yang meneliti konstruk komitmen organisasi ini, yaitu penelitian yang dilakukan Allen & Mayer di tahun 1990.
Dengan segenap keyakinan saya meyakinkan diri untuk meneliti tentang afektif komitmen organisasi. Dan ternyata di fakultas psikologi dimana saya berkuliah sudah banyak sekali skripsi yang meneliti mengenai komitmen organisasi, sehingga banyak dosen yang menganjurkan untuk meneliti variabel lain *nangis di pojokan* padahal udah susah payah ngumpulin referensi dan jurnal ngeprint jurnal rratusan lembar dan hasilnya sangat tidak memuaskan *galau mode on*.

Setelah menyepi beberapa hari akhirnya saya mulai melirik variabel job insecurity yang sebelumnya sempat saya tolak. Saya mulai mencari antecedent dari variabel tersebut, dan ternyata ada variabel psikologinya juga *loncat-loncat kesenengan* walaupun hanya sedikit yang menelitinya, tapi dengan keyakinan saya akhirnya mulai mencari-cari deh, browsing di mbah google mbah paling kece dan dengan susah payah akhirnya saya menemukan jurnal dimana konstruk job insecurity dicetuskan, artinya sebelum ada penelitian jurnal ini para peneliti belum memiliki kesepakatan mengenai kontruk job insecurity yang hingga sekarang masih diteliti dan jurnal tersebut adalah penelitian yang dilakukan oleh Greenhalg dan Rosenblatt ditahun 1984 *saya belum lahir tahun segitu*. Sebenarnya, salah satu tujuan saya menulis ini adalah untuk memberikan informasi mengenai job insecurity ini, karena kebetulan job insecurity masih sangat sedikit sekali (re: langka) diteliti di Indonesia, adapun selama ini hanya dijadikan variabel bebas atau independent variable (IV) saja, tetapi saya sempat menemukan ada yang mengambil DV job insecurity tetapi itu bukan skripsi melainkan thesis. Agak bangga juga sih kalau desain penelitian saya sekelas thesis *hahaha*. Dengan segela resiko saya mulai penelitian saya ini.

Okay kita masuk mengenai job insecurity. Job insecurity merupakan kondisi ketidakberdayaan untuk mempertahankan kesinambungan yang diinginkan dalam situasi kerja yang mengancam (Greenhalg & Rosenblatt, 1984). Job insecurity atau disebut juga ketidakamanan kerja, saya tahu dari salah satu buku terjemahan dimana dilamnya memuat sekitar dua paragraf dari satu buku tebal mengenai job insecurity, jadi bisa dibayangkan memang sulit sekali yaaa bukuyang menjelaskan job insecurity. 

Sebenarnya saya agak kurang setuju jika job insecurity diterjemahkan menjadi ketidakamana kerja, karena istilah ketidakamanan kerja bisa bermakna ambigu, seperti instruksi tes proyektif yang instruksinya sangat bisa memunculkan ambiguitas, seperti 'Tree Test", instruknya adalah kita diminta menggambar pohon, nah pasti kita bingung kan gambar pohon apa yaa, pohonnya besar apa kecil, pohonnya harus pakai akar atau tidak, nah sama dengan istilah ketidakamanan kerja, nah pasti kita bingung gak aman kerjanya karena apa yaa, apa karena di kantornya banyak maling atau atasannya galak atau takut di PHK tiba-tiba atau tempat kerjanya rentan akan kecelakaan kerja seperti kerja di proyek maka dari itu saya sangat tidak setuju dengan istilah ini, karena pada dasarnya job insecurity merupakan kekhawatiran akan keberlangsungan pekerjaannya dimasa depan, kira-kira kalau diungkapkan dengan kata-kata "jangan-jangan besok saya dipecat/jangan-jangan saya bisa kena PHK/ aduh saya takut gak bisa kerja lama di perusahaan ini" nah kira-kira seperti itulah, makanya saya lebih memilih menggunakan istilah job insecurity dibandingkan ketidakamanan kerja.

Untuk kalian yang tertarik untuk meneliti job insecurity tidak usah khawatir karena job insecurity atau JI (saya akan menggunakan istilah JI untuk menyebutkan job insecurity selanjutnya)ada alat ukur baku yang dibuat oleh Ashford et al (1989), mengapa saya mencantumkan peneliti dan tahunnya, karena sumber yang saya baca adalah ilmiah. Nama alat ukurnya adalah "Job Insecurity Scale" (JIS), yakni alat ukur dengan menggunakan skala likert dengan rentang 5 point, keseluruhan item berjumlah 57, adapun alat ukur ini didasarkan pada teori utama Greenhalg & Rosenbllatt (1984), yang menarik dari alat ukur ini adalah mengenai skoring dari JIS, dimana Ashford et al (1989) menggunakan rumus ekspektasi valenci dimana mengalikan antara harapan dengan kenyataan.
Nah kalau skripsi saya sendiri tidak menggunakan teori utama dari Greenhalg & Rosenblatt (1984) ataupu alat ukur yang dibuat oleh Ashford et al (1989), alasannaya adalah:
  • Teorinya sudah agak jadul atau lama
  • untuk alat ukurnya agak kurang sesuai dengan sampel penelitian saya, yakni tenaga kerja kontrak.
Pasti penasaran kan saya pakai teori siapaaa?

Okay karena saya berbaik hati, saya akan memberi tahu yaaaa....

Saya menggunakan teori utama JI dari De Witte (2005), yuhuuuu masih gresss dong teorinya, kebetulan saya sangat tertarik dengan Prof. Hans De Witte ini, karena beliau adalah salah satu peneliti yang concern dibidang well being, stess kerja, JI dsb. Menurut De Witte (2005) JI adalah perasaan terancam akan kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran yang berkaitan dengan ancaman. Menurutnya, JI terdiri dari dua dimensi yakni kognitif dan afektif dan beliau sempat membuat alat ukurnya, tetapi kemudian beliau dan team sepakat bahwa JI ini bersifat unidimensional atau hanya satu dimensi, tetapi didalam dimensi tersebut sudah terdapat komponen kognitif dan afektifnya *ini yang paling baru* dan beliau pun membuat alat ukur terbaru yang sesuai dengan konstruk yang baru, namanya 'Job Insecurity Scale" (JIS), nama alat ukurnya sama dengan yang dibuat oleh Ashford etal (1989), nah alat ukur inilah yang saya gunakan dalam skripsi saya, alat ukurnya menggunakan skala likert dengan rentang 5 point, terdiri dari 4 item *iya cuma 4 item, sedikit kan* dan sudah diuji validitasnya di 5 negara yang berbeda dan telah dilaihbahasakan ke 4 bahasa yang berbeda. Dan nanti setelah skripsi saya selesai, saya akan menjadi orang yang mengalihbahasakan ke bahasa yang ke 5, yakni Bahasa Indonesia *merdekaa*. Kebetulan, pada saat saya mencari alat ukur ini saya sulit menemukannya, padahal saya sudah mencari di situs APA (American psychological association) karena kebetulan perpustakaan fakultas saya sudah berlangganan jurnal APA dan beberapa situs penyedia jurnal lainnya, tapi sulit sekali. Akhirnya saya memutuskan untuk coba kontak penelitinya menggunakan email dan sehari setelah saya mengirim email ke Prof Hans De Witte, ternyata email saya dibalas dan beliau sangat welcome, serta memberikan alat ukur dan beberapa jurnal yang terkait dengan penelitian saya *ternyata peneliti diluar sangat welcome ketika ada orang yang tertarik akan penelitiannya* dan meminta saya untuk mengabarkan mengenai hasilnya nanti. Dan alat ukur JIS tersebut dimuat dijurnal tahun 2013 dan setelah saya cek harganya lumayan kalau kita download di situs penyedia jurnalnyaa, yaa kira-kira satu jurnalnya sekitar ratusan ribuu *huhuu mahal yaa dan saya dapet gratis langsung dari penelitinya *OMG orang Indonesia memang suka yang gratisan yaaaa... Untuk aja gratisnya tanpa syarat dan ketentuan yang berlaku hihihi*

Kembali ke JI, jadi JI ini sebenarnya banyak mempengaruhi variabel kerja kaya turnover, kepuasan kerja, komitmen organisasi, kesehatan mental, dll (Sverke et al, 2002). Makanya JI ini penting diteliti yaaa..
 
Kalau di luar negri JI ini sudah banyak diteliti di tahun 90-an, di Indonesia sekarang aja masih jarang yaaa, dan dari pengamatan saya diluar negri sekarang lebih suka meneliti JI pada white collar worker bukan lagi blue collar worker. tetapi karena bisa dibilang tahun 2012-2013 itu revolusi buruh, makanya saya tertarik untuk melihat JI pada buruh, sebenarnya saya mengambil sampel penelitianya tenaga kerja kontrak di pabrik, jadi bisa dianggap mayoritas adalah buruh (labour).
Nah kira-kira seperti itulah skripsi saya tentang JI pada tenaga kerja kontrak, sekian dan terima kasih.



Untuk request jurnal JI silahkan follow blog ini terlebih dahulu dan kirim email ke dara.airay@gmail.com dengan subject "Request Jurnal". Karena kesibukan apabila belum juga dibalas oleh saya silahkan reminder kembali ke email tersebut, karena saya sangat senang dapat share tentang JI ini.

66 komentar:

  1. makasih banyak ya dara atas infonya....saya afifah dari jurusan psikologi UPI Bandung, kebetulan saya juga menelliti tentang job insecurity dengan komitmen kerja dan lumayan dapet beberapa jurnal indonesia maupun luar tapi sepertinya masih kurang dan saya juga belum dapet buku mengenai job insecurity dikarenakan perpus kampus kurang lengkap, kalau boleh saya minta jurnal, alat ukur yang sudah ada uji cobakan di 5 negara itu sama info tentang buku-buku dimana ada mengenai job insecurity??maaf bukan mau enaknya aja, tapi saya udah ganti judul sampai 10 kali atau lebih gitu lupa....makanya saya harap sekali bantuannya dari Dara....mudah2an atas bantuan dara saya bisa lulus menjadi sarjana psikologi...amiiinnn email aku viemanis1990@gmail.com..salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
  2. Halo Afifah... Wah senangnya ada yg ingin meneliti job insecurity XD. memang kalau buku berbahasa Indonesia mengenai job insecurity ini sangat langka, kalaupun dimuat di buku terjemahan tidak lebih dari dua paragraph. Kalau saya sendiri, sumber yang saya gunakan kebanyakan dari jurnal dan buku online (ada yang bisa di download atau hanya bisa baca online), tapi itu sudah cukup untuk penelitian saya karena di kampus saya tidak mengizinkan memakai sumber buku atau jurnal lokal. Saya akan kirimkan ke email Anda beberapa jurnal termasuk jurnal dg alat ukur job insecurity. Semoga membantu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    2. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    3. Hallo kak perkenalkan aku ana, aku tertarik untuk meneliti job insecurity terutama dimasa pandemi ini bolehkah saya meminta refrensi untuk variabrl ini karena saya juga kesulitan sebab saya harus memiliki refrensi buku tpi untuk mwncari bukunya ternyata memang cukup sulit. Trimakasih sebelumnya 🙏

      Hapus
  3. assalamu'alaikum knalkan saya vicky,saya jg mau donk smua nya yg berkaitan ttg job insecurity,kebetulan saya jg meneliti ttg pengaruh job insecurity dan kepuasan kompensasi terhadap kinerja, klo ada artikel tw jurnal serta buku2 yg berkaitan serta alat ukur tolong kirimin jg donkk ke saya,saya kekurangan bahan bnget,mohon bantuannya ya kak dara & kak afifah
    ini email saya vjacksonz@ymail.com

    mksih sblmnya :)

    BalasHapus
  4. Wa'alaikum salam Vicky,
    Salam kenal juga yaa..
    Wah penelitian kamu menarik yaa.. Untuk alat ukurnya sudah saya kirimkan ke email, berikut beberapa jurnal yang bisa dijadikan referensi, semoga membantu..
    Sukses penelitiannya yaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhmdulillah,mksih bnyak ya kak atas bntuannya..... :)

      Hapus
    2. assalamualaikum mbk dara, perkenalkan nama saya sukma, kebetulan saya juga akan meneliti tentang job insecurity untuk tugas akhir saya, tentang pengaruh lingkungan kerja dan job insecurity, bisa minta tolong dikirimkan jurnal atau artikel yang membahas itu mbk, boleh di forward ke email saya : sukma.permata@yahoo.com
      soalnya agak susah nyari bahan ini..... :)

      terima kasih banyak mbk sebelumnya :)

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam Sukma, jurnalnya sudah saya kirimkan, semoga bermanfaat & sukses penelitiannya :)

      Hapus
    4. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    5. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    6. Assalamualaikum saya riska dari fakultas ekonomi UIR saya angkatan 2016 sekarang lagi nyusun tahap2 mau skripsi dan kebetulan saya lagi mencoba meneliti tentang job insecurity, saya sudah coba cari buku tentang job insecurity tersebut tapi belum ketemu, jadi saya meminta bantuan kepada senior2 saya yang udah pernah meneliti tentang job insecurity tersebut sekiranya saya mohon bantuan kakak2 untuk membagi jurnal tentang job insecurity tersebut ☺️

      Alamat email saya riskaerniza01@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya buat kakak2 assalamualaikum

      Hapus
  5. Hai Dara, bgm skripsinya?
    Kita punya ketertarikan yg sama niy dg buruh :) Saya sedang mengerjakan tesis, kalau boleh di share jurnal2 De Witt pluuss JIS-nya :)

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah penelitian saya sudah selesai & rencananya akan di apply ke salah satu jurnal lokal...
      Wah senangnya ada yang peduli dengan nasib buruh XD...
      Kalau kaka perlu jurnal Prof Hans De Witte silahkankan kirim email ke dara.airay@gmail.com subject: request jurnal.
      Nanti akan saya kirimkan jurnal hasil penelitian Prof Hans De Witte :)

      Hapus
    2. Buat sdri Dara Aini : Wah selamat telah lulus dan selamat berkarya didunia nyata, mari kita majukan dunia psikologi indonesia ^_^

      Buat sdri Eka Arfiani

      Berikut daftar literatur untuk job insecurity yg kami temukan (mencakup buku, skripsi/tesis/disertasi fulltext, dan jurnal fulltext)

      https://drive.google.com/file/d/0BxO0VfaJ_OWkLURhSzliWXdkMDQ/edit?usp=sharing

      Bila berminat bisa didapatkan dengan harga Rp 100.000 untuk 20 literatur

      Info selengkapnya silahkan mengunjuungi http://literaturpsikologi.co.nf


      Trm ksh

      Hapus
    3. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    4. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
  6. assalamualaikum Mba, makasih banyak infonya. saya ..alhamdulillah dpat pencerahan disini. klo boleh minta jurnalnya yg berkaitan dengan jobs insecurity # sebanyakbanyaknya boleh juga mba. hampir 2 semester saya nyari2 sumber JI susahnya minta ampun :-)
    kirim ke email saya ya mba amer_puding@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Amir Fudin..
      Alhamdulillah kalau tulisan saya bisa membantu:)
      Untuk referensi job insecurity telah saya kirimkan ke email Anda.. Semoga bermanfaat..

      Hapus
    2. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
    3. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
  7. assalamualaikum mb Dara,.. saya Alym dari jogja mb, dan saya sekarang lagi bingung nyari jurnal job insecurity. saya sudah nyari di mbah google tpi masih kurang dan sulit banget nemu jurnal mengenai job insecurity, kalau boleh mb tolong bagikan semua jurnal mengenai job insecurity yang mb punya dong. saya benar-benar udah kebingungan untuk nyari jurnal..
    mohon pertolonganya :)..ni email saya mb, abdulhalimhbaide@gmail.com

    BalasHapus
  8. assalamualaikum mbak.. saya dhina dari surabaya, saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai pengaruh job insecurity terhadap Organizational Citizenship Behavior.
    Saya bingung mencari alat ukurnya Job insecurity karena kalau pake alat ukurnya Ashford terlalu jadul untuk dipake di jaman sekarang jadi kalau diperbolehkan saya minta referensi jurnal dan alat ukur job insecurity milik Prof. Hans De Witte yang lebih terbaru untuk dapat dijadikan rujukan dalam saya menyelesaikan tugas akhir saya ..
    ini email saya: fitri_dhina@yahoo.com

    terimakasih :)

    BalasHapus
  9. askum, teh saya boleh minta data jurnal tentang job insecurity, dan juga alat ukurnya teh?... trima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  10. trihaspifebriana@gmail.com ini email saya teh

    BalasHapus
  11. Saya ucapkan terimakasih telah membaca blog saya. Untuk yang request jurnal telah saya kirimkan ke email masing-masing. Semoga bermanfaat & sukses dengan penelitian kalian. Jangan lupa follow dan berikan komentar anda di blog saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bun bolehkah saya minta bantuan jurnal jobs insecurity yang dikirimkan mbak dara ? , terimakasih
      sudah dari 2015 sya skripsi belum selesai
      semoga Allah yang balas terimakasih

      Hapus
  12. assalamualaikum mba..
    ada buku/artikel tentang job insecurity.. soalnya mau ngambil teorinya mba ,..
    mohon bantuanya mba

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. makasih banyak mba infonya,,, mbak, saya semester 7 yang sedang mengajukan penelitian untuk tugas akhir skripsi,tetapi saya kesulitan dalam mencari jurnalnyaaa locus of control dan job insecurity mba..
    jika berkenan apakah saya boleh meminta jurnal mba? email saya cirapanggabean@gmail.com
    terimakasih sebelumnya mba

    BalasHapus
  15. selamat sore mbk Dara. perkenalkan saya rai christina mahasiswa dari bali. mbk mohon bantuannya karena pada saat ini saya sedang meneliti tentang job insecurity, saya mohon mbk bersedia membagikan jurnaal tentang job insecurity kepada saya.kalau mbk bersedia mohon dikirim ke raichristina1993@gmail.com mohon dibantu mbk. trimakasi

    BalasHapus
  16. Mlm mba dara, saya eka mahasiswa psikologi yg sdg menyusun skripsi. Klo berkenan mhn bantuan nya untuk jurnal dan alat ukur nya mngenai job insecurity ke chasya545@gmail.com trims mba blog mba sangat membantu :)

    BalasHapus
  17. hay mba bisa minta jurnalnya tenta JI ,, tolong ya mba dikirim k junijunijuni1623@gmail.com makasi sebelumnya

    BalasHapus
  18. Haii Mbak Dara, ,, seru baca blog mengenai job insecurity ini apalagi cerita mbak yang minta alat ukur langsung ke penulisnya dan memang benar untuk referensinya masih sedikit,.. padahal penelitian ku juga mengenai JI,,, kalau boleh mau dunk mbak share ke email saya jika tidak keberatan karena rencannya memang saya ( fienda88@gmail.com ) akan menggunakan alat ukur dari De witte.. Terima kasih banyak sebelumnya mbak..

    BalasHapus
  19. Selamat malam Mbak Dara, perkenalkan saya Paschia mahasiswa psikologi yg sedang menyusun skripsi. Skripsi aku mengenai "Gambaran Job Insecurity Pada Guru Honorer yang akan Menerima Kebijakan Regrouping Sekolah Dasar" Jika mbak berkenan, aku boleh minta jurnal dan alat ukur yg disusun oleh De Witte? Berikut alamat email aku pasyaisarah@gmail.com
    Terima kasih banyak ya mbak :)

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Mbak Dara,..
    Terimakasih atas informasi yang telah Mbak berikan sangat membantu :) saya Marisa dan saat ini sedang menyelesaikan skripsi tentang Job Insecurity, kalau boleh saya minta dikirimkan refenri dan alat ukur Ashford etal (1989), Greenhalg & Rosenblatt (1984) dan De Witte (2005) mohon bantuannya ya Mbak,, email saya mrsarnezgmail.com

    Terimakasih sebelumnya

    Marisa

    BalasHapus
  21. maksih mba infonya kebetulan juga saya meneliti tentang JI , jadi kalo boleh minta jurnal yang berhubungan dengan JI ya mba ...

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Assalamulaikum mba Dara.perkenalkan saya Devi semstr 7 jurusan psikologi. Artikel mba diatas sangat membantu saya dalam mengerjakan skripsi saya.saat ini saya mengangkat tema Jl pada perawatan.bolehkah saya minta reverensi jurnalnya dan alat ukur nya...kalo boleh in email saya devitriana48@gmail.com....makasih

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum mba dara. Perkenalkan saya dhani mhsiswa smstr 7 yg sedang skripsi dengan tema job insecurity.. Mba bolehkah saya meminta reverensi buku, jurnal, dan alat ukur JI yg mba gunakan? Ini emailnya mba dhaniwidarti@gmail.com
    Trimakasi sebelumnya mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. assamamualaikum, salam kenal, nama saya elik ramadani semester 8 dari jogja,,
      mbak boleh minta pencerahannya juga mengenai job insecurity nya,, ini email saya elikr82@gmail.com

      Hapus
  25. ada yang punya referensi jurnal pengaruh kompensasi finansial dan job insecurity terhadap trunover intention??

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum Mba Dara.
    Perkenalkan nama saya Putri, saya sdg membuat skripsi dengan judul pengaruh stres kerja dan job insecurity terhadap turnover intention.
    Kalau boleh, saya mau minta referensi buku JI (krn susah sekali cari buku ini), jurnal, dan alat ukurnya.
    Mohon dapat diemail ke putri.amarifa@gmail.com

    Terima kasih banyak mba.

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum Mba Dara.
    Perkenalkan nama saya tama, saya sdg membuat skripsi dengan judul hubungan job insecurity dan kepuasan kerja pada karyawan outsourcing.
    jika diizinkan boleh tidak saya meminta refrensi mba dara jurnal, dan alat ukurnya :( sulit sekali dapat yang gress seperti punya mba dara

    email saya: mokertrs@gmail.com

    Terima kasih banyak mba.

    BalasHapus
  28. assalamualaikum kak dara.
    nama saya dika, mau mnta tolong nih kalo diijinkan meminta referensi jurnalnya kakak mengenai job insecurity serta referensi buku dan alat ukurnya,
    saya sudah mengirim ke email kakak.

    ini email saya andikaseven7@gmail.com
    terimakasih banyak kak dara

    BalasHapus
  29. assalamualikum wr. wb
    nama saya retno, jika diijinkan saya ingin meminta referensi jurnal dna lat ukur yang mba gunakan untuk penelitian ini, kebetulan penelitian saya juga mengenai pegawai kontrak atau honorer. saya sudah mengirim email ke email mba

    ini email saya retwln28@gmail.com
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  30. assalamuallaikum mba dara, salam kenal saya siska mahasiswi semester 7 unida bogor. kebetulan saat ini saya sedang meneliti JI untuk proposal skripsi saya.

    Cukup sulit sekali mencari buku dan jurnal mengenai JI ini mba ��

    Tapi alhamdulillah saya membaca blog mba dara yg sangat menarik sekali.
    Bila berkenan dan diijinkan mohon dikirimkan jurnal & alat ukur mengenai JI yg mba maksudkan di blog tersebut ya mba ke email ini.
    Saya sudah kirim email ke alamat email mba dara ya

    Terima kasih banyak mba sebelumnya.
    Semoga ilmu yg dibagikan bermanfaat & mba dara disukseskan selalu karirnya. Aamiin.

    BalasHapus
  31. Alamat email saya siska.unida2014@gmail.com ya mba dara ☺

    BalasHapus
  32. assalamualaikum mbk dara, perkenalkan nama saya Cici Rosdiana, kebetulan saya juga akan meneliti tentang job insecurity untuk tugas akhir saya, tentang pengaruh lingkungan kerja dan job insecurity, bisa minta tolong dikirimkan jurnal atau artikel yang membahas itu mbk, boleh di forward ke email saya : cici_rosdiana@yahoo.com
    soalnya agak susah nyari bahan ini..... :)

    terima kasih banyak mbk sebelumnya :)

    BalasHapus
  33. assalamualaikum mbak dara, perkenalkan saya yosi gustia mbak dari jurusan psikologi Unand Sumbar. kebetulan saya juga meneliti tentang JI mbak, cuman kendalanya saya kesulitan dalam menemukan alat ukur yang fresh. kalo boleh saya minta tolong untuk dikirimkan beberapa referensi beserta alat ukurnya mbak. ini email saya Gustiayosi98@gmail.com . besar banget harapan saya untuk dikirimi email sama mbak. sehat terus ya mbak. terimakasih banyak

    BalasHapus
  34. Hallo mbak dara.. perkenalkan saya dian. Sekarang saya sedang menyusun skripsi, tapi saya mengalami kendala referensi2 mengenai JI. Jika berkenan saya ingin meminta mba untuk mengirimkan refernsi2 tersebut ke email saya diannurfuadah1@gmail.com
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih :)

    BalasHapus
  35. Assalamualiakum kak dara.. salam kenal dari saya noptalia, dan terimakasih infonya kak sangat berguna sekali dan memberikan pencerahan. sekarang saya sendang mneyusun skrispsi kak, dan kebtulan saya juga meneliti tentang JI , cuma kendalanya saya kesulitan dalam menemukan alat ukurnya, kalau boleh saya minta tolong untuk dikirimkan beberapa referensi beserta alat ukurnya kak, ini email saya noptalia24faddilah@gmail.com
    saya berharap banget dikirim email sama kakak. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih kak. Semoga Allah selalu mempermudah segala urusan kakak.

    BalasHapus
  36. assalamualaikum wr. wb.
    terimakasih penejelasannya kak dara, sebelumnya perkenalkan nama saya muhammad latifur rohman, dari universitas islam indonesia, kebetulan saya sudah menemukan alat ukur JI, yaiti ketidakamanan kerja kualitatif, dan kuantitatif tapi saya masih bingung utk menjelaskan indikator tersebut, mohon penjelasannya kak, terima kasih

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum wr.wb kak,
    salam kenala nama saya icah, saat ini saya sedang mengajukan judul untuk kesekian kalinya tentang job insecurity, saya sangat ingin mempertahankan variabel ini, namun saya kekurangan jurnal yang berkaitan dengan job insecurity dan komitmen organisasi, apabila kakak ada, bersediakah kakak membantu saya dengan memberikan jurnal yang berkaitan,
    sekali lagi saya mohn bantuannya kak, terimakasih :)
    email saya chairunisa2796@gmail.com

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum kak, saya Rhesty mahasiswa semester 6 jurusan psikologi.. kebetulan untuk tema seminar proposal saya, saya akan meneliti mengenai hubungan hardiness dengan job insecurity namun saya kesulitan untuk mendapatkan literaturnya.. mohon jika mbak berkenal, bisa kirimkan jurnal dan alat ukur ke email saya RhestyF@gmail.com terimakasih mbak :)

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum kak, saya Winda saru mahasiswa psikologi semester 7 jurusan psikologi, kebetulan untuk judul proposal saya berkaitan tentang JI ini, jika boleh saya minta tlong mba utk kirim dan alat ukur ke email saya windakibo4@gmail terimaksih bnyak mba :)

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum bun, saya mahasiswa semester akhir dan saya kebetulan mengambil variabel job insecurity dan saya agak kesusahan dalam mencari suber seperti buku dan referensi lain seperti jurnal dan skala nya. Kalo boleh minta bantuannya referensi yang bunda miliki bisa share ke saya heheh. Liadahliana02@gmail.com

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum kak.
    saya ade irma mahasiswa psikologi semester 7 jurusan psikologi, saya tertarik mengambil judul tentang job insecurity untuk proposal saya jika boleh saya minta tlong mba utk kirim dan alat ukur ke email saya irmaa2109@gmail.com terimaksih bnyak mba.

    BalasHapus
  42. Asalamualikum. Wr wb. Bu boleh minta jurnal job insecurity nya. Kalo boloh mohon untuk dikirim ke email saya bu abutoni13@gmail.com

    BalasHapus
  43. Hallo kak, Bisakah saya meminta jurnalnya? saya sudah email ke alamat email yg diberikan. Kebetulan saya sedang buat thesis dengan mengangkat tema job insecurity terimakasih :)

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum mba dara,
    Perkenalkan saya Mia eka wulandari, saya senang sekali ketika menemukan blog ini. Karena variabel penelitian saya sama dengan mbak dara. Ini sangat mengagumkan karena memang untuk mendapatkan referensi jurnal dan buku tentang JI itu masing sangat sulit. Jikalau mbak dara berkenan mengirimkan nya ke email saya miaekawulandari@gmail.com, saya akan sangat senang sekali.

    Semangatt ka dara dalam meneliti jurnal jurnal selanjutnya... Dan selalu jaga kesehatan :))

    BalasHapus
  45. Hallo Mba Dara, perkenalkan nama saya Adriana mahasiswa psikologi semester 8. Kebetulan saat ini saya sedang mengambil skripsi dengan terkait dengan job insecurity selama masa pandemi. Jika mba berkenan apakah bisa mengirim jurnal dan buku mengenai job insecurity ke email adrianakristianingrum@gmail.com , yang saya yakin akan sangat membantu. Terima kasih banyak mba.

    BalasHapus
  46. halo ka Dara, saya noorlaila mahasiswa psikologi semester 7, saat ini saya sedang mengajukan proposal dengan variabel terkait job insecurity. namun saya masih kekurangan jurnal atau artikel ilmiah dan juga referensi buku yang masih minim. serta sumber alat ukur yang masih membuat saya stuck di bab 3. mohon jika berkenan kakak membantu saya mengirimkan referensi-referensi untuk dikirim ke email saya syahputrinoorlaila@gmail.com ini akan sangat membantu saya dalam mengajukan proposal, terimakasih banyak sebelumnya kak

    BalasHapus