Jumat, 02 Mei 2014

Pengalaman Daftar Sidang di UIN Jakarta

Hallooo... Hollaaa,

Kali ini aku share tentang pengalaman daftar sidang di fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Oke step by step yaa..

Pertama pastikan kalian sudah melakukan uji referensi dengan pembimbing skripsi, biasanya sih sama dosen pembimbing skripsi 2 dan pastikan setelah uji referensi kalian mendapatkan tanda tangan dari dosen tersebut bahwa kalian memang telah uji referensi *bisa minta di akademik*. Sebaiknya saat uji referensi kalian juga sudah membuat surat pegesahan dari pembimbing kaya gini nih contohnya:
1*Mohon maaf, untuk nama dosen pembimbing (dospem) saya samarkan*

Jadi setelah uji referensi langsung dapet tanda-tangan dospem dan tinggal minta tanda tangan satu dospem lagi. Oyaa, make sure kalo nama dospem kamu itu benar ejaannya, gelarnya dan NIP nya, karena kalo salah harus tanda tangan ulang. Setelah ditanda tangan, fotokopi surat itu 10 lembar.
Step selanjutnya, buat surat keterangan bebas SPP di akademik fakultas bagian keuangan. Nah syaratnya kamu harus bawa semua bukti pembayaran dari awal semester *kalo hilang bisa print dari ais uin*, fotokopi bukti pembayaran semester terakhir, foto kopi berkas uji referensi, foto kopi lembar pengesahan dari dosen pembimbing. Kasih ke bagian akademik keuangan, jangan lupa pake map yah.
Setelah dapet surat keterangan bebas spp tinggal print skripsi kamu dan siapin deh persyaratan sebagai berikut:
  • Skripsi
  • Surat bebas SPP
  • Foto kopi lembar pengesahan yg di tanda tangan dospem
  • Fotokopi ijazah legalisir 2 lembar
  • Fotokopi sertifikat propesa
  • Fotokopi tes toefl & toafl *harus udah lulus yaa tesnya*
  • Foto kopi Transkrip Nilai terakhir yang sudah di tanda tangani baik dari ketua jurusan maupun akademik pusat
Daftarkan berkas kamu ke bagian staf kepala jurusan, jangan lupa pake map yaa.
Setelah daftar kalian tinggal tunggu kabar kapan jadwal sidangnya dan sering cek atau nanya ke staf jurusan apakah jadwal sidangnya sudah keluar atau belum.
Nah sambil nunggu jadwal sidang ada baiknya kita mempelajari skripsi kita kembali dan membuat power point untuk nanti presentasi pas waktu sidang. Tanya sama teman atau senior, apa saja yang harus dijelaskan pada saat sidang. Sebaiknya kalian juga perlu menonton sidang teman dengan begitu kita bisa tau apa saja yang biasanya ditanyakan dan mengevaluasi agar nanti presentasi kita lancar.

-dara ainy-

2 komentar:

  1. gan syaratnya emang harus ada sertifikat KKN ya.
    Fungsi sertifikat KKN itu untuk apa sih?

    BalasHapus