Rabu, 07 Mei 2014

Passion

Saya jadi teringat tentang pengalaman interview saya beberapa waktu yang lalu, saya sempat ditanyakan apa passion saya, saya bilang passion saya adalah bekerja dibidang yang ada kaitannya dengan psikologi, sang manager tidak puas dengan pendapat saya. Saat itu saya tidak ingin memperpanjang dan menjawab seadanya kemudian dengan sengaja mengalihkan ke topik yang lain (maklum anak psikologi, jadi bisa mengarahkan untuk tidak terpaku pada pertanyaan yang memang masih menjadi pertanyaan dalam diri).

Dulu sewaktu sekolah saya bercita-cita kuliah di bidang psikologi dan seiring berjalannya waktu, saya memilih peminatan psikologi industri & organisasi. Saya merasa enjoy dipeminatan ini, selain memang mata kuliah yang ditawarkan lebih aplikatif dan juga dibandingkan dua peminatan lainnya, saya rasa ini yang paling sesuai dengan diri saya.

Sejak kecil saya bisa dikatakan termasuk “nerd”, saya hanya memiliki sedikit teman yang sebagian besar anak-anak yang pintar atau paling tidak satu kelas, saya jarang mengikuti organisasi, karena menurut saya sistem ospek di organisasi sarat akan “bullying”. Tetapi entah mengapa banyak orang yang mengenal saya, bahkan saya tidak mengenal orang tersebut. Saya merasa diri saya ada kecenderungan kaku dan sulit beradaptasi jika dalam situasi atau lingkungan yang baru karena saya harus keluar dari zona nyaman saya untuk bisa beradaptasi, ya walaupun itu saya lakukan. Tapi semenjak kuliah saya berubah menjadi lebih baik, lebih extrovert, lebih sosial, lebih peka, lebih peduli, lebih spontan dan banyak sifat-sifat baru yang melekat dalam diri saya yang sekarang atau saya biasa menyebutnya transformasi diri , jadi tidak heran jika bertemu dengan teman lama dan mereka akan surprise dengan  pribadi saya yang sekarang. Tapi, inilah saya hari ini, saya yang lebih membuka diri, tidak cepat puas, optimis memandang masa depan dan lebih peka dengan lingkungan serta orang-orang terdekat. Terus berjalan dan sesekali menengok ke belakang untuk mengevaluasi diri.

Tapi berbicara tentang passion, saya telah tau apa passion saya sekarang. Saya ingin bisa bekerja dikantor, saya orang yang betah berlama-lama di depan computer dan tipe orang yang focus dan detail sehingga tidak ada masalah ketika harus membuat laporan atau yang ada kaitannya dengan administrasi (asli anak nerd abis) dan sesekali bertemu dengan orang baru (this is me) serta bisa mengaplikasikan keilmuan saya. Dulu saya harus menutup mata dengan bidang studi yang sesuai dengan bakat saya hanya untuk bisa masuk psikologi, well sekarang saya sudah lulus dan saya yakin saya pasti bisa sukses dibidang ini.

# never live or life without passion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar