Senin, 16 Januari 2012

Analisis Jurnal Psikologi Perkembangan


Analisis Jurnal Psikologi Perkembangan II

College-Educated Women’s Personality Development in Adulthood:
Perceptions and Age Differences
Alyssa N. Zucker (George Washington University), Joan M. Ostrove (Macalester College), Abigail J. Stewart (University of Michigan)



Oleh:
Dara Ainy (109070000074)


Fakultas Psikologi
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2011


1.     Judul jurnal

“College-Educated Women’s Personality Development in Adulthood: Perceptions and Age Differences” yang berarti Perkembangan Kepribadian Wanita lulusan Perguruan Tinggi pada Masa Dewasa: Persepsi dan Perbedaan Usia. Dari judul teresbut dapat diketahui Independent variabel yakni perkembangan kepribadian wanita dewasa. Sedangkan dependent variabelnya adalah persepsi dan perbedaan usia.

2.     Abstrak

Masa Dewasa mencakup rentang waktu yang lama dan mencakup serangkaian tantangan psikososial (E.H.Erikson, 1950). Lima aspek kepribadian (kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan, generativity, dan distres pribadi) yang dinilai dalam suatu penelitian cross-sectional dari perempuan lulusan perguruan tinggi yang pada saat pengumpulan data masih pada usia dewasa muda (usia: M _ 26 tahun), dewasa madya (usia: M _ 46 tahun), dan dewasa akhir (usia: M _ 66 tahun). Responden menilai setiap domain kepribadian untuk betapa benar 5 aspek kepribadian itu pada diri mereka pada usia tersebut, dan mereka kemudian menilai 2 umur lain baik secara retrospektif maupun prospektif. Hasil dibahas dengan memperhatikan cara dimana pembangunan perempuan dewasa mungkin telah dibentuk oleh pengalaman khusus untuk kedua jenis kelamin dan kelompok lahir, dan bagaimana wanita-wanita ini cocok dengan teori E.H.Erikson dari perkembangan orang dewasa.

3.     Latar Belakang
Teori mencatat bahwa masalah ini (identitas, keintiman, generativity, dan integritas) menyita pikiran orang dewasa untuk berbagai tingkat di semua usia, meskipun mereka mungkin sangat intens selama periode tertentu dan dapat mengambil bentuk yang berbeda pada usia dewasa yang berbeda (misalnya, Kroger, 2000a , 2000b; Kroger & Haslett, 1991; McAdams, de St Aubin, & Logan, 1993; Stewart & Vandewater, 1998). Selain itu, meningkatkan rentang hidup rata-rata telah menantang baik penuaan dan teori perkembangan untuk mengartikulasikan batas usia baru untuk tahap ini, dan untuk menjelaskan saat proses integrasi sehingga integritas mungkin diharapkan terjadi dan ketika itu dapat tercermin dalam tahap awal lebih dari belum lengkapnya "konsentrasi tentang" penuaan. Selain itu juga untuk mencocokan dengan Teori psikososial E.H.Erikson.

4.     Teori

Dasar teori yang digunakan adalah teroi psikososial E.H.Erikson mengenai kepastian identitas, generativity dan integritas pada usia dewasa yang dibandingkan menjadi 3 kelompok yakni dewasa awal, dewasa madya dan dewasa akhir.

Stewart, Ostrove, dan Helson (2001) menemukan bahwa empat aspek kepribadian awalnya berteori sebagai pusat untuk dewasa muda (identity certainty), dewasa madya (generativity and confident power), dan usia tua (concern with aging) semua dianggap lebih menonjol untuk wanita usia lanjut di tengah daripada di tengah usia dini (awal 50-an vs 30-an dan 40-an), menyiratkan bahwa ada pertumbuhan pada semua dimensi ini selama 20 tahun dalam usia pertengahan (30-an sampai 50-an).

·         Mengenai aspek kepribadian “kepastian identitas” yang merupakan karakteristik pada masa dewasa awal menggunakan beberapa teori diantaranya Menurut Erikson (1950), tugas utama psikososial dewasa awal adalah pembangunan identitas. Dalam sampel gabungan pria dan wanita, Whitbourne, Zuschlag, Elliot, dan Waterman (1992) menemukan bahwa nilai identitas meningkat sepanjang 20-an, hanya menurun setelah usia 31 tahun.

·         Sementara Usia Tengah telah ditandai sebagai didominasi oleh kedua aspek kepribadian generativity (Erikson, 1950) dan kekuatan percaya diri (Neugarten, 1968). Generativity adalah kemampuan untuk merawat dan memberikan kontribusi kepada generasi berikutnya dan untuk dunia yang lebih besar di luar diri sendiri. Kekuatan kenyamanan tumbuh dari (1968) karya Neugarten tentang kepribadian eksekutif, yang ia dan rekan-rekannya menyarankan adalah ciri kepribadian setengah baya dan ditandai oleh perasaan penguasaan dan kompetensi (lihat, misalnya, Howard & Bray, 1988; Jones & Meredith, 1996; Lachman, Lewkowicz, Marcus, & Peng, 1994; Roberts et al, 2002, untuk konfirmasi dalam literatur penelitian).

·         Aspek kepribadian “kepedulian terhadap penuan” lebih ditekankan pada maas dewasa akhir. Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa transisi kepedulian terhadap penuaan setengah baya meningkat dengan menjadi tua akan sangat penting bagi perempuan karena premi ditempatkan pada kemudaan perempuan dalam budaya AS (misalnya, Gergen, 1990; Mathews, 1979; Unger & Crawford, 1996).

·         Sementara itu distres pribadi dalam beberapa literatur telah dimulai pada masa dewasa awal dan meningkat ke tahapan selanjutnya.

Hipotesis 1: Di seluruh kelompok, kelima indikator kepribadian menunjukkan tiga pola perkembangan yang berbeda: (a) Perempuan berusia 20-an skor mereka lebih rendah dari pada wanita di usia 40-an, yang juga skornya lebih rendah daripada wanita berusia 60-an, pada kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan; (b) generativity akan lebih tinggi dalam 40-an dari tahun usia 20-an, tetapi berhenti pada usia 60-an, dan (c) distres pribadi akan lebih tinggi dalam usia 20-an daripada usia 40-an atau 60-an. Pola-pola yang berbeda tentu saja, mengakibatkan pengelompokan khas dari setiap periode, tapi tidak akan, dalam pandangan kami, menyerupai batasan tahap, dengan naik dan menurun dalam periode tunggal.

Hipotesis 2: Dalam setiap kelompok, akan ada pola yang sama, dengan wanita mengharapkan atau mengingat kenaikan domain kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan dari usia 20-an ke usia 40-an dan ke usia 60-an, dan generativity meningkat dari usia 20-an ke 40-an, tetapi tidak untuk tahun 60an. Perempuan juga mengharapkan atau mengingat penurunan perasaan tertekan pribadi dari usia20-an ke usia40-an.

5.     Metodologi

Sample 

Peserta 333 perempuan lulusan dari University of Michigan, 99 (30%) dari kelas '51 atau '52, 144 (43%) dari kelas '72, dan 90 (27%) dari kelas '92 . Sebuah sampel acak perempuan dari setiap kelas yang telah lulus dihubungi dan dikirimkan kuesioner

Pada saat pengumpulan data pada tahun 1996, perempuan dari kelas '51 atau '52 memiliki usia rata-rata 66 (kisaran: 65-70), perempuan dari kelas '72 memiliki usia rata-rata 46 (kisaran: 44-50), dan perempuan dari kelas '92 memiliki usia rata-rata 26 (kisaran: 23-30). Berikut ini adalah karakteristik sample:
  • Sebagian besar peserta berkulit putih (kelompok termuda memiliki keragaman yang paling rasial, dengan 13 % selain yang berkulit putih). 38% dari kelompok tertua dalam angkatan kerja dibayar paling tidak  paruh waktu minimal, sedangkan 85% dari kelompok menengah dan 89% dari kelompok  bungsu dipekerjakan.
  • Sampel yang berpendidikan tinggi: 48% dari kelompok tertua, 74% dari kelompok menengah, dan 60% dari kelompok termuda mendapatkan gelar sarjana.
  •  Sampel finansial pribadi, meskipun tingkat pendapatan berbeda secara signifikan antara tiga kelompok. pendapatan rumah tangga rata-rata tahunan $ 60.001 - $ 80.000 untuk kelompok tertua, $ 100,001 - $ 120.000 untuk kelompok tengah, dan $ 20.001 - $ 40.000 untuk kelompok termuda.
  •  Mayoritas sampel heteroseksual (kelompok termuda memiliki keragaman terbesar, dengan 13% mengidentifikasi sebagai lesbian, atau biseksual).
  • Tingkat  pernikahan yang tinggi untuk dua kelompok yang lebih tua: 98% dari kelompok tertua dan 90% dari kelompok t tengah telah menikah pada suatu waktu, sedangkan hanya 28% dari kelompok dewasa wal yang sudah menikah pada saat pengumpulan data.
  • Tingkat yang telah menjadi ibu (motherhood) juga tinggi dalam dua kelompok yang lebih tua: 94% untuk kelompok tertua dan 82% untuk kelompok menengah. 12% kelompok termuda adalah ibu pada saat pengumpulan data.
Pengukuran

Menggunakan ”Feelings About Life Scale” yang  dikembangkan oleh Helson dkk (Helson & Moane, 1987; Helson & Wink, 1992). Menggunakan skala Likert dengan penjelasan  3 point tentang bagaimana deskriptif mereka kehidupan seorang peserta; tanggapan berkisar antara 1 (tidak sama sekali deskriptif) untuk 3 (sangat deskriptif). Item yang digunakan sebanyak 41 item.
Semua wanita menilai perasaan untuk usia mereka saat ini dan menilai dua kelompok usia lain baik secara retrospektif maupun prospektif Lima sub-skala yang kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan, generativity, dan distres pribadi berasal dari Perasaan sekitar Skala Hidup (lihat Stewart et al, 2001., Untuk keterangan, alasan teoritis, dan validitas konstruk untuk semua sub-skala sama kecuali Distress Pribadi.

6.     Hasil

Rencana Analisis
Menggunakan  rangkaian analisis ragam (ANOVA) untuk melakukan perbandingan lintas-kelompok.

Analisis Pengembangan Kepribadian Antar kelompok

Indikator
Tiga skala (kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan) yang diperkirakan menunjukkan peningkatan pada usia masing-masing. Bahkan, perempuan berusia 20-an menilai dirinya secara signifikan lebih rendah pada kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan daripada wanita usia 40-an, yang pada gilirannya menilai diri secara signifikan lebih rendah daripada perempuan usia 60-an.
Generativity diharapkan menunjukkan pola yang sama bagi perempuan berusia 20-an dan 40-an tetapi diharapkan tetap pada sekitar tingkat yang sama di kalangan perempuan di usia 60 tahun. Pola ini telah dikonfirmasi. Perempuan berusia 20-an diperingkat diri secara signifikan lebih rendah daripada wanita di usia 40-an dan 60-an pada tingkat generativity, namun tidak ada perbedaan antara perempuan dalam usia 40-an dan perempuan di usia 60 tahun.
Akhirnya, distres pribadi diharapkan menjadi tertinggi di antara perempuan berusia 20-an dan menurun di antara perempuan di usia 40-an dan 60-an. Bahkan, perempuan berusia 20-an mereka tidak menilai diri mereka jauh lebih tinggi dari kedua wanita di usia 40-an dan 60-an, namun tidak ada perbedaan antara perempuan dalam usia 40-an dan perempuan di usia 60 tahun.

Analisis Pengembangan Kepribadian Dalam kelompok  

Indikator
Dalam analisis kelompok diperiksa apakah pola-pola yang sama ditandai pada tiga kelompok dan mengingat retrospektif perasaan mereka.
Kelompok termuda diantisipasi bahwa kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan semua akan meningkat secara signifikan dari usia 20-an ke 40-an lalu  ke 60-an. Generativity diperkirakan akan meningkat secara signifikan dari 20-an ke 40-an, tetapi tidak ada perbedaan antara 40-an dan 60-an. Sebaliknya, tekanan pribadi diperkirakan menurun dari 20-an ke 40-an lalu ke 60-an.
Kelompok tengah dianggap meningkat dari 20-an ke 40-an pada kepastian identitas, kekuatan percaya diri, dan kepedulian dengan penuaan, serta peningkatan dari usia 40 ke 60-an. Generativity itu dianggap telah meningkat secara signifikan dari 20-an ke 40-an, tetapi tidak ada perbedaan yang diharapkan dari 40-an ke 60-an. Disteres pribadi telah secara signifikan lebih tinggi dalam usia 20-an daripada usia 40-an tetapi diperkirakan turun secara signifikan pada usia 60an.
Dalam kelompok tertua, kepastian identitas, kekuatan percaya diri, kepedulian dengan penuaan dianggap telah meningkat secara signifikan dari usia 20-an ke 40-an lalu ke 60-an. Generativity dianggap telah meningkat secara signifikan dari 20-an ke 40-an, tetapi tidak ada perbedaan antara 40-an dan 60-an. Distres pribadi dianggap telah meningkat dari usia 20-an ke 40-an, tetapi dinilai sebagai signifikan lebih rendah pada tahun 60an.
Table 1
Cross-Sectional Analysis of Five Personality Themes
Theme
20-an
40-an
60-an
F(2, 332)
M
Sd
M
Sd
M
Sd
Identity certainty
2.09a
0.44
2.45
0.44
2.61c
0.39
37.55**
Confident power
2.01a
0.36
2.41b
0.37
2.54c
0.32
57.90**
Concern with aginga
1.56a
0.32
1.79b
0.32
1.97
0.41
35.50**
Generativityb
2.23a
0.33
2.43b
0.30
2.45b
0.36
14.10**
Personal distress
1.71a
0.39
1.49b
0.36
1.39b
0.37
18.20**
Note. Means with different subscripts differ significantly at p _ .05 by the Scheffe´ test. a Because of positive skew, log transformation was used to correct for nonhomogeneity of variance. The means and standard deviations were transformed back into their original units. b Because of negative skew, squareroot transformation was used to correct for nonhomogeneity of variance. The means and standard deviations were transformed back into their original units. ** p _ .001.

7.     komentar
Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa tiga aspek kepribadian yakni kepastian identitas, generativity dan kepedulian terhadap penuaan sesuai dengan teori Psikososial E.H.Erikson berdasarkan tahapannya. Selain itu aspek kepercayaan diri dan distres pribadi terbukti secara signifikan terhadap teori-teori yang digunakan. Akhirnya dengan begitu kita lebih mengetahui karakteristik usia dewasa sehingga kita mengetahui tugas-tugas perkembangan apa yang harus dilakukan berdasarkan karakteristik masing-masing masa dewasa. Sementara untuk penelitian lanjutan mungkin dapat menggunakan metode penelitian longitudinal sehingga mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai tahapan perkembangan masa dewasa.

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. terimahkasih telah bermanfaat buat saya :)http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fariezaki%2F.wordpress.com

    BalasHapus