Selasa, 05 Januari 2016

Belanja di Tanah Abang

Kali ini saya akan berbagi pengalaman berbelanja di tanah abang.
Pasar tanah abang yang terletak di Jakarta Pusat merupakan pusat belanja grosir yang ada di Jakarta.  Tanah abang ini terkenal bukan hanya di dalam negri melainkan juga di negara tetangga. Tanaha abang sendiri terbagi ke beberapa blok seperti blok A, B, F,  dll.
Pertama kali saya belanja di Tanah abang adalah untuk mencari gamis untuk acara lamaran abang saya.  Saya dan mamah memutuskan untuk belanja di blok F dan karena baru pertama kali maka kami turun di jalan jatibaru melewati kios-kios hingga sampailah di blok F.  Selama pejalanan banyak sekali kios yang menjual pakaian, baju muslim, gamis, kerudung, jilbab, tas dll yang dijual secara ecer dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasar/mall. Perjalanan dari jalan jatibaru ke blok F sangat melelahkan terlebih untuk yang baru pertama kali.  Saat sampai di blok F akhirnya kami menemukan barang yang kami perlukan kemudian pulang dengan membawa gamis +pashmina yang akan dipakai di acara lamaran.
Belajar dari pengalaman ke tanah abang dan karna saat ini sudah mulai buka toko jilbab/kerudung maka belanja di tanah abang sudah menjadi rutinitas bulanan.  Dalam 1 bulan saya dan mamah bisa berbelanja 2 hingga 3 kali. Untuk jilbab, kerudung dan pashmina tempatnya di Blok F, F2 dan ruko-ruko disekitaran blok F.  Jika ingin membeli secara grosir dengan harga murah, saya sarankan untuk mencoba berbelanja di pasar tasik pada hari senin dan kamis. Disana pengunjung dapat belanja langsung dari supplier dan model kerudungnya pun selalu baru setiap minggunya.
Biasanya untuk keperluan toko saya membeli pashmina dan segiempat di ruko blok F sementara untuk bergo atau syiria, jilbab anak, kerudung sekolah saya beli di pasar tasik dengan harga 200-600 ribu per kodi. Minimal pembeliannya adalah 5 potong atau 1/4 kodi. Untuk mukena dan baju koko bisa beli di pasar tasik yang ada disebrang stasiun tanah abang.
Kalau di blok F, toko yang cukup favorite adalah oriza yang ada di ruko baru blok F (dekat bank mandiri) disana saya biasa beli ciput, inner, jilbab anaknya juga bagus, beberapa bergo yang model dan bahannya bagus dan segiempat paris polos.
Selain disana saya juga biasa belanja di toko umama yang ada di kios blok F dan untuk kerudung syar'i saya berbelaja di kios blok F.
Khusus untuk bross bunga saya sudah ada langganan di depan kios blok F atau bisa juga mencarinya di lantai 2 blok F.
Sekedar tips untuk yang akan berbelanja ke tanah abang adalah jangan membawa uang yang berlebihan artinya disesuaikan dengan budget yang ada, karena jika tidak begitu berapapun uang yang dibawa biasanya akan habis untuk belanja,  selain itu jika saat melihat-lihat ada barang yang disuka makan langsung saja tawar dan beli jika harga dan barangnya cocok, jangan coba-coba untuk melihat-lihat dulu di tempat lain karna bisa jadi toko yang tadi tidak ketemu lagi karena luasnya pasar tanah abang dan yang terakhir adalah kalo bingung atau nyasar didalam tanah abang atau anda dari blok A mau ke blok B atau ke blok F, anda bisa bertanya ke penjual atau petugas keamanan. Dan yang terakhir adalah selalu waspada, jangan sampai belanjaan atau dompet anda berpindah tangan.
Happy shopping di Tanah Abang.

1 komentar:

  1. Tanah abang memang joss, harganya tidak asa lawan, paling murah. Saya setahun sekali ke sana, jadi tidak belanja di mal. Sekali belanja langsung bawa 2-3 juta. Untuk 3 orang. Dapatnya udah banyak banget

    BalasHapus